Beranda blog

    KPU Samarinda Gandeng Media Massa Sukseskan Pilkada 2024

    0
    KPU Samarinda
    KPU Samarinda gelar Ngobrol Pilkada Bersama Media di Setiap Hari Coffe Jalan Ir. H. Juanda Samarinda, pada Selasa 23 Juli 2024, malam.

    UNDAS.ID, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda kembali menegaskan pentingnya peran media massa dalam menyukseskan Pilkada 2024. Dalam acara Ngobrol Pilkada Bersama Media yang digelar pada Selasa (23/7), Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat, menyatakan bahwa media adalah mitra strategis dalam memberikan informasi yang akurat dan menyeluruh kepada masyarakat.

    “Media bukan hanya sekadar penyebar informasi, tapi juga punya peran krusial dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi,” ujar Firman.

    Ia menambahkan bahwa KPU telah mengalokasikan anggaran khusus untuk media, sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan transparansi dan partisipasi publik.

    Lebih lanjut Firman menjelaskan bahwa Pilkada 2024 di Samarinda memiliki daya tarik yang tinggi, tidak hanya karena persaingan politik yang ketat, tetapi juga karena upaya KPU untuk meningkatkan kualitas demokrasi lokal. Oleh karena itu, peran media dalam menjembatani informasi antara KPU dan masyarakat sangat krusial.

    Senada dengan Firman, Yustiani dari Divisi Sosialisasi Pemilih KPU Samarinda juga menekankan pentingnya memanfaatkan media digital.

    “Era digital saat ini memungkinkan kita menjangkau lebih banyak orang,” ujarnya.

    Ia berharap melalui media digital, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi tentang Pilkada dan memahami pentingnya menggunakan hak pilih.

    Pihaknya mengajak seluruh media massa untuk bekerja sama dalam menyukseskan Pilkada 2024. Dengan kolaborasi yang baik, diharapkan informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih akurat, relevan, dan mudah dipahami.

    “Kami terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak, termasuk media massa,” tegas Firman. (red)

    Facebook Comments Box

    Ines Clarita, Wanita Tarakan Wakili Indonesia di Young at Mission 21 Swiss

    0
    Ines Clarita
    Ines Clarita: Dari Tarakan untuk Dunia, Siap Menjadi Agent of Change. (Usamah)

    UNDAS.ID, Jakarta – Ines Clarita, seorang wanita inspiratif asal Tarakan, Kalimantan Utara, terpilih menjadi Youth Ambassador mewakili Indonesia dalam kegiatan Kepemudaan Internasional di Young at Mission 21. Acara ini dilaksanakan di 3 kota di Zurich, Swiss selama 2 minggu lebih, yaitu Winterthur, Basel, dan Rothenthurm dari tanggal 21 Juni – 8 Juli 2024.

    Program duta pemuda ini berfokus pada pertukaran budaya antar pemuda di antara jaringan misi internasional. 18 duta pemuda (5-6 dari setiap benua; Afrika, Asia, Amerika Latin) mengikuti program ini. Dalam persiapan kunjungan (lokakarya hibrida yang beragam) dan selama kunjungan itu sendiri (pertemuan antar budaya), mereka berkolaborasi dengan 18 duta pemuda dari Eropa, menjadi total 36 peserta. Program ini merupakan sub-program dari Mission21 di Basel, Swiss untuk meningkatkan kapasitas kepemudaannya di bidang Intelektual, Spiritual, dan Budaya.

    Bagi Ines, program ini menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi skill-nya di bidang pertukaran budaya, menambah relasi, pemahaman antar dan transkultural, serta memperdalam kesadaran akan keragaman masyarakat.

    Wanita berusia 23 tahun ini memiliki cita-cita mulia untuk menjadi “Agent of Change” atau agen perubahan di sekitarnya. Motto Young at Mission 21, yaitu “menjadi agen perubahan disekitarnya”, sejalan dengan aspirasinya untuk menjadi Wanita Borneo Inspiratif Mendunia.

    “Sebuah kehormatan dan penuh tanggung jawab menjadi Youth Ambassador. Karena kita adalah pemuda terpilih yang menjadi representatif negara kita masing-masing untuk menciptakan perubahan yang terjadi di sekitar kita. Kita, pemuda adalah ujung tombak yang akan menjadi pemimpin di masa depan,” ungkap Ines. (red)

    Facebook Comments Box

    Elektabilitas Isran Unggul, Leny Marlina: Menanti Arah Koalisi dari DPP PPP

    0
    Leny Marlina
    Sekretaris DPW PPP Kalimantan Timur, Leny Marlina.

    UNDAS.ID, Samarinda — Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Kalimantan Timur (Kaltim), Leny Marlina menyampaikan partainya masih menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP di Jakarta mengenai Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2024.

    Leny mengungkapkan ada dua kandidat yakni Rudy Mas’ud dan Isran Noor, telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai langkah awal seleksi internal.

    “Isran mengikuti tes pada 8 Juli, sementara Rudy pada 9 Juli,” jelas Leny.

    Kedua calon ini diketahui telah mengajukan diri untuk mendapatkan dukungan dari PPP. Leny menilai, keduanya memiliki peluang yang cukup seimbang karena komunikasi politik yang baik dengan PPP serta popularitas yang hampir setara.

    “Survei menunjukkan Isran sedikit lebih unggul dari Rudy,” tambahnya.

    PPP saat ini tengah mempertimbangkan opsi untuk bergabung dalam koalisi besar yang dipimpin Rudy Mas’ud atau menjadi penentu bagi Isran Noor. Leny juga menyebutkan bahwa jumlah kursi PPP yang terbatas dibandingkan partai lain menjadi pertimbangan penting dalam menentukan sikap partai.

    “PPP harus memastikan tidak dirugikan dalam koalisi,” ungkap Leny.

    Selain itu, partai masih menunggu sikap dari partai-partai lain, terutama PDIP yang belum memberikan keputusan dukungan.

    “Kami berharap pimpinan pusat dapat berkomunikasi dengan partai-partai lain, terutama PDIP, mengenai arah koalisi yang akan dibentuk,” jelasnya.

    Jika PPP memilih berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Isran Noor, Leny menyatakan bahwa nama Rusman Yaqub, anggota DPRD Kaltim dari PPP, telah diusulkan sebagai wakil.

    “Usulan ini telah disampaikan ke pusat,” tegas Leny.

    Leny menekankan bahwa keputusan akhir ada di tangan DPP dan PPP akan mematuhi seluruh mekanisme partai dalam proses penentuan calon.

    “Jika rekomendasi keluar dari DPW, situasi mungkin akan lebih jelas, tetapi kami akan mengikuti semua keputusan,” pungkasnya. (red)

    Facebook Comments Box

    PDIP Kaltim Rekomendasikan Isran-Hadi, Hindari Calon Tunggal di Pilgub

    0
    PDIP Kaltim
    Ketua DPD PDIP Kaltim, Safaruddin. (Ist)

    UNDAS.ID, Samarinda – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Timur (Kaltim) merekomendasikan bakal pasangan calon (bapaslon) Isran Noor dan Hadi Mulyadi kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

    Ketua DPD PDIP Kaltim, Safaruddin, menyatakan bahwa pengusulan Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim bertujuan memberikan pilihan alternatif kepada masyarakat, serta mencegah dominasi calon tunggal dalam Pilkada.

    “Kami ingin memberikan masyarakat pilihan yang beragam dengan mengusung Isran Noor dan Hadi Mulyadi. Proses pengusulan ini sedang berjalan di DPP. Jadi, tunggu saja,” kata Safaruddin di Samarinda.

    Langkah ini diambil sebagai upaya PDI Perjuangan untuk memastikan adanya kompetisi politik yang sehat dan kompetitif. Safaruddin mengingatkan bahwa Pilgub tahun ini seharusnya tidak hanya diikuti oleh calon tunggal yang akan berhadapan dengan kotak kosong.

    Pasangan calon lain yang akan menjadi pesaing utama adalah Rudy Mas’ud dan Seno Aji. Mereka telah mendapatkan dukungan mayoritas dari partai-partai dengan total 42 kursi di DPRD Kaltim, yang mendominasi suara.

    Meski demikian, Safaruddin menegaskan bahwa PDI Perjuangan Kaltim akan tetap fokus pada proses pengusulan Isran-Hadi ke DPP.

    Safaruddin merujuk pada Pilgub 2018, di mana terdapat empat pasangan calon yang bersaing, menciptakan semangat kompetisi politik yang dinamis.

    “Kami ingin masyarakat menyaksikan kompetisi politik yang sehat. Jangan sampai Pilgub tahun ini hanya dijajaki oleh pasangan calon tunggal,” tandasnya. (red)

    Facebook Comments Box

    LKS SMK 2024 Kaltim Siap Digelar, Ini 20 Bidang Lomba Tantang Kemampuan Siswa

    0
    LKS SMK
    Kepala Bidang Pembinaan SMK, Surasa. (cac)

    UNDAS.ID, Samarinda – Ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024 kembali digelar. Tahun ini, LKS SMK Kaltim akan mempertandingkan 20 bidang lomba dengan total 109 peserta, siap menguji kemampuan dan talenta para siswa SMK di berbagai bidang.

    Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan, menyampaikan bahwa LKS SMK merupakan wadah bagi siswa SMK untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka di bidang keahliannya masing-masing. Selain itu, LKS juga menjadi ajang untuk menumbuhkan semangat kompetitif dan kerjasama antar siswa.

    “LKS ini bukan hanya tentang menang atau kalah, tetapi lebih kepada nilai pendidikannya. Jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience),” ujar Kurniawan.

    Ia berharap LKS SMK 2024 Kaltim dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang nantinya bisa mengharumkan nama Kaltim di kancah nasional dan internasional.

    Berikut Seleksi LKS SMK Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024 yakni:

    1. Alat Berat (heavy equipment) dengan jumlah peserta 7 Orang,
    2. Hotel Resepsionis (Hotel Reception) dengan jumlah peserta 4 orang
    3. Kabel Jaringan Komputer Informasi (Information Network Cabling) dengan jumlah peserta 6 orang
    4. Keperawatan Kesehatan dan Sosial (Health and Social Care) dengan jumlah peserta 5 orang
    5. Komputasi Awan (Cloud Computing) dengan jumlah peserta 4 orang
    6. Kue Pastri dan Confectionery (Patisserie and Confectionery) dengan jumlah peserta 4 orang
    7. Pelayanan Restoran (Restaurant Service) dengan jumlah peserta orang
    8. Penataan Rambut (Hairdressing) dengan jumlah peserta 3 orang
    9. Pengelasan (Welding) dengan jumlah peserta 3 orang
    10. Sistem Kendali Industri (Industrial Control) dengan jumlah peserta 2 orang
    11. Teknik Desain Laman (Web Technologies) dengan jumlah peserta 6 orang
    12. Teknik Instalasi Kelistrikan (Electrical Installation) dengan jumlah peserta 5 orang
    13. Teknik Perancangan Permesinan CAD (Mechanical Engineering CAD) dengan jumlah peserta 4 orang
    14. Teknik Tata Udara dan Pendingin (Refrigeration and Air Conditioning) dengan jumlah peserta 3 orang
    15. Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology) dengan jumlah peserta 6 orang
    16. Teknologi Desain Grafis (Graphic Design Technology) dengan jumlah peserta 4 orang
    17. Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IT Network System Administration) dengan jumlah peserta 7 orang
    18. 18. Teknologi Keamanan Siber (Cyber Security) dengan jumlah peserta 12 orang
    19. Teknologi Mode (Fashion Technology) dengan jumlah peserta 4 orang
    20. Teknologi Otomotif Mobil (Automobile Technology) dengan jumlah peserta 6 orang. (red)

    Facebook Comments Box

    Subhan Noor Ajak Anggota TABAS Bersatu Lestarikan Budaya Banjar

    0
    TABAS
    Ketua DPW TABAS Kaltim, Subhan Noor.

    UNDAS.ID, Samarinda – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Tutus Banjar Asli (TABAS) Kalimantan Timur (Kaltim), Subhan Noor, meluapkan rasa syukur atas pengakuan yang diberikan Kesultanan Banjar kepada organisasi masyarakat (ormas) yang dipimpinnya di Benua Etam. Pengakuan ini meneguhkan TABAS sebagai ormas budaya yang lahir dan besar di tanah Banjar.

    Subhan Noor menuturkan, TABAS yang dulunya diramalkan karam, kini telah berlayar jauh dan diakui oleh para Raja dan Sultan se-Nusantara serta masyarakat adat di berbagai daerah. Ia menekankan bahwa pengakuan ini bukan karena kehebatan individu, melainkan hasil perjuangan bersama dalam menjaga dan melestarikan budaya Banjar.

    “Ini adalah hasil dari doa dan kebersamaan kita semua. Tutus Banjar Asli kini diakui sebagai anggota kehormatan di antara persatuan para Raja, Sultan, serta pemangku adat se-Nusantara,” ujar Subhan Noor dengan penuh rasa syukur.

    TABAS

    Status anggota kehormatan ini memperkuat posisi TABAS sebagai ormas yang berkomitmen melestarikan budaya dan tradisi Banjar. Pengakuan ini juga mencerminkan dukungan kuat dari masyarakat adat dan pejabat daerah, yang turut mengapresiasi upaya TABAS dalam mempertahankan nilai-nilai budaya.

    Diharapkan pengakuan dari Kesultanan Banjar ini dapat menginspirasi ormas-ormas lain untuk terus berjuang dalam melestarikan warisan budaya masing-masing. Subhan Noor mengajak seluruh anggota TABAS untuk terus bersatu dan berkontribusi demi kemajuan bersama.

    “Kita dikenal bukan karena hebatnya kita, tapi karena perjuangan kita menjaga dan melestarikan budaya kita,” tambahnya.

    Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, TABAS siap melangkah lebih jauh dalam mempromosikan budaya Banjar di kancah nasional dan internasional.

    “Rakat badingsanak kada cuman pandir di muntung haja, tapi harus jua dari hati nang tulus. Ayo kita kayuh baimbai jukung kita ini biar sama sama kita sampai di tujuan,” pesannya dalam bahasa Banjar. (red)

    Facebook Comments Box

    IPB Dorong Pemanfaatan Tandan Kosong Sawit untuk Bantu Petani dan Atasi Limbah Industri

    0
    IPB
    Workshop IPB bahas pemanfaatan tandan kosong sawit untuk kelestarian lingkungan. (red)

    UNDAS.ID, Samarinda – Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Guru Besar IPB, Prof. Erliza Hambali, mendorong pemanfaatan tandan kosong sawit sebagai solusi efisien dalam menurunkan biaya pupuk bagi petani di Kalimantan Timur.

    Hal ini disampaikan dalam workshop bertajuk “Sosialisasi Karbonisasi Tandan Kosong Sawit dan Pemanfaatannya Sebagai Soil Conditioner untuk Meningkatkan Efisiensi Pemupukan dan Kesuburan Tanah pada Perkebunan Sawit” yang digelar di Hotel Senyiur Samarinda, Kamis (11/7/2024).

    Prof. Erliza Hambali menekankan pentingnya inovasi ini untuk membantu para petani, terutama dalam menghadapi tingginya harga pupuk saat ini.

    “Pemanfaatan tandan kosong sawit bisa menjadi solusi efektif untuk mengurangi pengeluaran petani. 80% dari biaya perkebunan itu adalah biaya pupuk, nah, pupuk itu sekarang ini sudah harganya mahal, langka pula,” jelas Prof. Erliza di hadapan awak media.

    Beliau menambahkan bahwa kondisi ini dapat semakin memburuk jika terjadi perang yang mengganggu pasokan dan harga pupuk global.

    “Apalagi kalau terjadi perang, harga pupuk sudah pasti naik, karena kita tidak punya sumber kalium, fosfor kita juga sedikit,” ucap Prof. Erliza.

    Proses karbonisasi tandan kosong sawit menghasilkan pupuk organik yang lebih murah dan ramah lingkungan. Prof. Erliza pun mendorong sosialisasi masif untuk memberikan pemahaman kepada para petani dan perusahaan sawit mengenai manfaat ini.

    “Sosialisasi yang masif harus dilakukan, agar dapat memberikan pemahaman kepada para petani sawit dan perusahan sawit. Sehingga memanfaatkan tandan kosong tersebut sebagai alternatif dari pupuk organik,” jelas Prof. Erliza.

    Beliau juga menjelaskan bahwa tandan kosong sawit yang tidak diolah kerap menjadi limbah yang menggunung di pabrik kelapa sawit.

    “Tandan kosong kan juga jadi masalah di pabrik kelapa sawit karena menggunung sekarang ini, nah itu tidak boleh dibakar. Lebih baik diolah lagi,” terangnya.

    Pemanfaatan tandan kosong sawit tidak hanya membantu petani, tetapi juga dapat mengatasi masalah limbah industri sawit. Hal ini menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan kelestarian lingkungan di Kalimantan Timur. (red)

    Facebook Comments Box

    Siapkan Generasi Muda Berdaya Saing di Era Revolusi Industri 5.0, Disdikbud Kaltim Gelar LKS SMK

    0
    LKS SMK
    Muhammad Kurniawan, Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim. (cac)

    UNDAS.ID, Samarinda – Dalam upaya mengembangkan talenta di bidang Kompetensi Keahliaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Bidang Pembinaan SMK menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jenjang SMK Tingkat Provinsi Kaltim 2024.

    Kegiatan LKS SMK ini berlangsung selama empat hari mulai 12 hingga 15 Juli 2024. Seleksi LKS SMK Tingkat Kaltim 2024 akan mempertanding 20 Bidang Lomba dengan total Peserta 109 Orang Peserta.

    “Kegiatan ini merupakan rangkaian pengembangan dalam menjawab Era Revolusi Industri 5.0 yang semakin menjadikan pengembangan kompetensi peserta didik SMK. Sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama,” kata Muhammad Kurniawan selaku Kepala Disdikbud Provinsi Kaltim, pada Jumat (12/7/2024) malam.

    Kendati demikian, kegiatan yang kerap dilaksanakan setiap tahun ini untuk memastikan pengembangan kebijakan yang kondusif dalam mendukung Indonesia Maju.

    “Pengembangan Kompetensi Peserta Didik SMK dipandang strategis untuk menyiapkan generasi yang mendatang yang produktif, berkarakter dan siap bersaing dalam dunia global,” ucap Kurniawan, sapaan akrabnya.

    Ia menyebut, dalam menghasilkan lulusan SMK yang kompetitif harus didukung dengan kompetensi Hard Skill dan kemampuan dasar Soft Skill.

    Di antaranya, kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, maupun karakter yang Tangguh, madiri, bertanggung jawab, kreatif dan berijiwa wirausaha.

    “Tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience),” sebutnya.

    Ia juga menyampaikan, kalah atau menang dalam LKS tersebut bukan tujuan utama. Namun, jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan.

    “Memang benar dalam LKS ini adalah ajang kompetisi dan unjuk kemampuan. Namun pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi,” pungkasnya.(adv/cac)

    Facebook Comments Box

    Instruktur Safety Riding Astra Motor Kaltim 2 Kembali Juarai AHSRIC 2024

    0
    Instruktur Safety Riding
    Ibnu Fachrizal (kiri) dan Fajrin Nur Huda menjadi bintang utama, dengan meraih juara 1 di kelas Big Bike Instructor 400cc dan Sport Instructor 150cc. (Esti)

    UNDAS.ID, Jakarta – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh para Instruktur Safety Riding Astra Motor Kaltim 2 dalam ajang bergengsi The 15th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2024 yang berlangsung pada 1-4 Juli 2024.

    Kali ini, Astra Motor Kaltim 2 berhasil mempertahankan gelar juara 1 pada kategori Group Main Dealer, mengukir prestasi luar biasa untuk kedua kalinya berturut-turut sejak tahun 2023.

    Keberhasilan ini diraih berkat kerja keras dan dedikasi para instruktur, yaitu Ibnu Fachrizal yang meraih juara 1 pada kelas Big Bike Instructor 400cc dan Fajrin Nur Huda yang meraih juara 1 pada kelas Sport Instructor 150cc.

    Selain Ibnu dan Fajrin, tiga instruktur lainnya dari Astra Motor Kaltim 2 juga turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini, yaitu Taufiq Perdana, Eri Junaidi, Sapta Febriyanto, dan Puput vanessa.

    Darma Wijaya, Region Head Astra Motor Kaltim 2, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian luar biasa ini. “Kemenangan ini merupakan hasil dari sinergi dan semangat para instruktur yang telah berjuang keras dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara,” ujar Darma.

    Lebih lanjut, Darma menjelaskan bahwa gelar juara ini dipersembahkan khusus untuk Astra Motor yang sedang merayakan HUT ke-54 dan Astra Motor Kaltim 2 yang berulang tahun ke-7.

    “Keberhasilan ini juga menjadi bukti komitmen Astra Motor Kaltim 2 untuk selalu bersinergi dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara dan menciptakan budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi masyarakat,” tutur Darma.

    Prestasi gemilang para Instruktur Safety Riding Astra Motor Kaltim 2 patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi insan perhubungan lainnya. Dedikasi dan semangat mereka dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara patut dicontoh dan ditiru demi mewujudkan budaya berkendara yang aman dan bertanggung jawab. (red)

    Facebook Comments Box

    Wujud Komitmen Melestarikan Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat, 8.000 Bibit Mangrove Ditanam di Muara Pagatan

    0
    Muara Pagatan
    Bersama Jaga Lingkungan, Tanam Mangrove demi Kehidupan Laut dan Masyarakat Pesisir. (Ymd)

    UNDAS.ID, Tanah Bumbu – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan diwarnai aksi nyata pelestarian lingkungan dengan penanaman 8.000 bibit mangrove di Desa Muara Pagatan, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Selasa, 2 Juli 2024 lalu.

    Kegiatan ini merupakan kolaborasi berbagai pihak, termasuk Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, World Cleanup Kalimantan Selatan, Nayaka Foundation, Bank Kalsel, dan masyarakat setempat. Ribuan peserta bahu membahu membersihkan pantai dan menanam bibit mangrove, menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana, dalam sambutannya menegaskan pentingnya kolaborasi untuk menjaga lingkungan. Penanaman mangrove di Muara Pagatan ini menjadi langkah nyata dalam merespons perubahan iklim global, melindungi kehidupan laut, dan mendukung masyarakat pesisir.

    Yamadipati, Leader World Cleanup Kalimantan Selatan, berharap kegiatan ini menjadi titik awal bagi kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. “Dengan upaya bersama seperti ini, kita dapat menciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat untuk semua,” ujar Yama.

    Bambang, salah satu peserta dari perwakilan perusahaan swasta, mengungkapkan rasa bangganya dapat turut serta dalam upaya melestarikan mangrove. Dia memahami bahwa mangrove adalah aset berharga bagi ekosistem laut dan mata pencaharian masyarakat pesisir.

    Bank Kalsel, sebagai salah satu pihak yang terlibat, turut menyumbangkan bibit mangrove dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Kontribusi ini diharapkan dapat membantu mempercepat rehabilitasi ekosistem mangrove di sekitar Muara Pagatan dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi lingkungan dan ekonomi lokal.

    Penanaman 8.000 bibit mangrove di Muara Pagatan menjadi contoh nyata bahwa pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dapat berjalan beriringan. Diperlukan komitmen dan kolaborasi dari semua pihak untuk menjaga kelestarian alam dan memastikan keberlanjutan hidup masyarakat di masa depan.

    Facebook Comments Box